Ponpes Roudlotus Saidiyah Sembelih 1.300 Ekor Hewan Kurban

Ponpes Roudlotus Saidiyah Sembelih 1.300 Ekor Hewan Kurban

Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyah di Desa Kalialang Baru, Kecamatan Gunung Pati, Semarang hampir tiap tahun mempersembahkan hewan kurban dengan jumlah yang fantastis. Di Idul Adha sekarang, Ponpes yang diasuh oleh KH.M.Said Almasyhad ini menyembelih 1.300 ekor hewan kurban yang terdiri dari 1.270 ekor kambing, 15 ekor sapi dan 15 ekor kerbau.

Menurut pengasuh Ponpes, hanyaknya hewan kurban ini sendiri diperoleh dari sumbangan para santri dan jamaah yang ada di Singapura.”Hewan-hewan ini dari para donatur, jamaah yang ada di Semarang, Jakarta, Surabaya dan Singapura”, ujar KH.M.Said Almasyhad yang akrab disapa Abah Said.
Dengan jumlah hewan kurban yang banyak ini, pihak Ponpes pun mengerahkan 200 orang untuk tenaga sembelih, tenaga potong dan pembungkus.”Ada sedikitnya 200 orang yang kita kerahkan supaya cepat selesai. Prosesnya kan cukup lama, dari sembelih, potong, bungkus hingga distribusi”, tambah Abah Said kepada CNN Indonesia.

Pihak panitia Ponpes sendiri akan menyalurkan hewan kurban ini kepada 4.000 orang dan masjid-masjid ada di Semarang, Demak, Kendal dan Jepara. Untuk itu, panitia membagi setiap bungkus plastik berisi 2 kilogram daging.

Tahun lalu, Ponpes Roudlotus Saidiyah menyembelih 840 ekor hewan kurban yang kemudian dibagikan ke 1.400 orang dan 34 masjid.

Sementara itu, rumah potong hewan (RPH) Masjid Istiqlal akan menyembelih 23 sapi dan 10 kambing pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Pemotongan hewan-hewan kurban tersebut akan dilakukan pengelola Masjid Istiqlal pada Kamis (24/9) pukul 22.00 WIB nanti.

Ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal Mubarok mengatakan, daging 33 hewan kurban yang disembelih akan dibagikan kepada 10 ribu warga yang berdomisili di kawasan Jakarta Pusat. Pembagian daging akan dilakukan di luar Masjid Istiqlal, melalui komunitas-komunitas, dan pengelola masjid-masjid yang ada di kawasan tersebut.