Profil

PROFIL

SEJARAH PONPES ROUDLOTUS SAIDIYYAH

Ponpes Roudlotus Saidiyyah kalialang Semarang didirikan oleh Hadrotus Syekh KH. Moh. Said Al Masyhad yang memiliki guru terakhirnya seorang ulama besar dari Jawa Timur yaitu Romo Kyai. Muhsin Syafi’i dari Bululawang, Malang, Jawa Timur. Beliau Syeh KH. Moh Said Al Masyhad mendapatkan wasiat untuk meneruskan perjuangan Romo Kyai. Muhsin Syafi’i untuk terus menegakkan agama Allah SWT dan melaksanakan syiar Islam di kota Semarang, tepatnya di desa Sukorejo, Kalialang Baru Kec. Gunung Pati Semarang. Pada tahun 1994 Hadrotus Syekh KH. Moh. Said Al Masyhad mendirikan pondok pesantren yang kemudian dikenal dengan nama Ponpes Roudlotus Saidiyyah Kalialang Semarang.

Tanah Wakaf

Popes ini bermula dari tanah wakaf seluas ± 10 m2 dan hanya memiliki beberapa santri saja, berkat ijin Allah SWT dan restu dari guru-guru beliau serta perjuangan yang tidak kenal lelah hingga saat ini Ponpes Roudlotus Saidiyyah Semarang telah berdiri megah pad areal tanah seluas ± 10.000 m2.

Nama Roudlotus Saidiyyah

Nama Roudlotus Saidiyyah sendiri dipilih berdasarkan petunjuk guru beliau yaitu Simbah KH. Marwan Jragung Demak dan Romo Kyai Muhsin Syafi’i dari Malang yang merupakan guru terakhirnya.

Tahun 2003

Dalam perkembangannya dari tahun ketahun Ponpes Roudlotus Saidiyyah Semarang terus berbenah tidak hanya pendidikan agama islam saja yang diberikan kepada para santri, tetapi seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi maka pada tahun 2003, alhamdulillah berdirilah unit pendidikan Formal dibawah dinas kota Semarang yaitu SMP Islam Terpadu yang memadukan Kurikulum Diknas (KTSP) dan Kurikulum Pesantren yang dikemas sangat rapi dan frofesional oleh ahlinya dari lulusan S-2 UNNES Semarang yang semuanya diperuntukkan bagi semua santri yang ada dipondok pesantren ini.

 

Berbenah Dan Mencari Terobosan Baru

Dalam usaha memajukan pendidikan di lingkungan PONPES KH. Moh Said Al Masyhad selaku pengasuh dan sekaligus pendiri terus berbenah dan mencari terobosan baru untuk peningkatan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi lagi. Kemudian pada tahun berikutnya berturut-turut berdiri SMK Islam Terpadu, MI (SD Islam Terpadu) yang semuanya diperuntukkan bagi kemajuan santri-santrinya yang menimba ilmu agama di PONPES, juga dipersiapkan untuk masyarakat luas khususnya bagi generasi muslim diseluruh tanah air agar benar benar mereka nantinya memiliki pendidikan yang tinggi sekaligus wawasan agama yang luas yang sesuai dengan tuntunan rosululloh SAW, dengan harapan agar mereka kelak tidak hanya menguasai ilmu agama saja tetapi sekaligus juga ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman khususnya di era global.

SEJARAH UNIT PENDIDIKAN FORMAL PONPES ROUDLOTUS SAIDIYYAH

SMP IT –SMK IT Roudlotus Saidiyyah adalah lembaga pendidikan formal dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Semarang yang dikelola langsung oleh Yayasan Pendidikan Islam Ponpes Roudlotus Saidiyyah kota Semarang. Yayasan Pendidikan Islam Ponpes Roudlotus Saidiyyah sendiri berdiri pada tahun 1997 yang didirikan dan di asuh oleh seorang ulama besar yaitu : Syeh K.H. Moh. Said Al Masyhad, dimana pada awalnya hanya merupakan Ponpes kecil didesa Sukorejo Kec. Gunung Pati tepatnya dijalan Kalialang baru kota Semarang dengan 10 orang santri sebagai embrionya. Dari siswa atau santri yang awalnya hanya 10 orang itu kemudian berkembang dengan pesat, dan sampai saat ini siswa atau santrinya sudah ratusan orang yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah bahkan ada santri yang berasal dari serambi mekah Aceh, dari NTT dan dari Jambe pulau Sumatra. Dari sekian banyak siswa atau santri tersebut pada awalnya mayoritas adalah lulusan SD / MI dan dan sebagian lulusan SMP /MTs yang datang dari berbagai latar belakang sosial ekonomi dan dari berbagai wilayah tersebut diatas dengan tujuan utamanya adalah hanya menimba ilmu agama untuk mencari bekal akherat yaitu dengan mondok di Ponpes Roudlotus Saidiyyah untuk belajar kitab kuning dan kitab kitab lainnya.

Latar Belakang Para Santri

Bertitik tolak dari latar belakang para santrinya itulah dengan harapan agar dikemudian hari mereka bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi sehingga memiliki ilmu yang seimbang antara imu akherat dan ilmu dunia untuk bisa dijadikan bekal terjun dimasyarakat kelak, khususnya bagi santri Ponpes sendiri dan juga bagi masyarakat umum dan dari generasi muslim agar mereka tidak ketinggalan dengan generasi non muslim pada umumnya, maka pengasuh pondok pesantren mengambil suatu sikap dan keputusan untuk mendirikan dan membuka lembaga formal tingkat dasar dan menengah dengan Program unggulan Islam Terpadu yaitu SMP IT – SMK IT Roudlotus Saidiyyah juga dilengkapi dengan unit pendidikan tingkat RA ( PUD ), MI ( SD IT ) yang pendirian dan pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap. Dengan rekomendasi SK Walikota Semarang No: 848/116/I/2003 dan SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang No: 060/U/2002 Alhamdulillah pada tahun pelajaran 2003/2004 resmi berdirilah SMP IT Roudlotus Saidiyyah Semarang yang lokasinya satu kampus dengan Ponpes Roudlotus Saidiyyah sendiri, inilah yang membedakan pendidikan di lembaga Roudlotus Saidiyyah dengan lembaga lain, karena semua siswa yang belajar dlembaga ini baik yang mondok di Ponpes untuk memperdalam agama Islam maupun yang tidak mondok, mereka tetap mendapatkan ilmu agama yang diajarkan secara terpadu dan secara menyeluruh kepada seluruh siswa, dengan kata lain kurikulum islam terpadu memadukan antara kurikulum KTSP diknas dengan kurikulum kepesantrenan yang dikemas dan diramu secara profesional oleh ahlinya dari alumni sarjana lulusan S-2 UNNES Semarang.

Kemajuan Yang Sangat Pesat

SMP IT – SMK IT Roudlotus Saidiyyah dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang sangat pesat seperti sarana gedung telah memiliki gedung dua lantai dengan 16 lokal ruang belajar, dan juga prasarana sebagai penunjang utama kegiatan belajar siswa juga tidak kalah lengkapnya dari sara gedung yang dimilikinya, prasarana dengan fasilitas lengkap- seperti : laboratorium bahasa sebagai pusat kegiatan siswa dalam praktek berkomunikasi bahasa baik dalam bahasa indonesia, jawa maupun dalam bahasa asing ( bahasa inggris , bahasa jepang dan bahasa arab) dari seluruh siswanya , selain itu juga prasarana pendidikan dilengkapi pula dengan laboratorium komputer dan internet sehingga semua siswa bisa mengakses semua iptek yang berkembang diera global seperti sekarang ini untuk kemajuan siswa sendiri, selain itu dengan dilengkapi prasarana belajar yang lebih canggih agar suasana KBM lebih bervariatif tersedia juga laboratorium media , laboratorium IPA dan juga bengkel komputer serbagai pusat kegiatan praktek siswa agar bisa berkompetitif dengan lulusan sekolah lain, sedang fasilitas siswa yang lain sebagai penunjang kegiatan kampus SMP IT – SMK IT Roudlotus Saidiyyash Semarang dilengkapi juga sarana olah raga yang lengkap , sarana kegiatan untuk menyalurkan minat dan bakat melalui kegiatan ekskul baik olah raga maupun karya siswa dan ekskul agama seperti pidato, qiro’ah, tartil dan kegiatan yang lainnya.

Tenaga Pendidik

Demikian juga dari tenaga pendidiknya sendiri, juga mengalami peningkatan kwalitas yang luar biasa pesatnya yang semula hanya pengajar dari lulusan sarjana S-I kini sudah banyak lulusan sarjana S-2 baik dari dari dalam negeri maupun dari lulusan luar negeri seperti dari Hadroulmaut Yaman untuk bidang agama maupun yang lainnya untuk bidang umum telah mengabdikan dirinya di SMP IT – SMK IT Roudlotus Saidiyyah ini.

Kelulusan

Perkembangan kelulusannyapun termasuk sangat luar biasa dan membanggaka kita semua, dari keikutsertaannya dalam ujian nasional dapat dicatat alumni yang pertama lulus UN 97%, kemudian pada UN kedua, ketiga, keempat dan seterusnya dalam UN selalu lulus 100% dengan nem rata rata yang sangat memuaskan diatas rata rata KKM yang ditetapkan sekolah,hal ini sangat membanggakan sekolah dan orang tua, betapa tidak bisa dibayangkan, dari catatan yang ada untuk alumni pertama sampai dengan yang terakir mengikuti ujian nasional thn. pel 2009 / 2010 kurang lebih 80% siswanya diterima di sekolah negeri baik itu di SMK maupun di SMA juga MAN dan bahkan tercatat beberapa siswa diterima dan masuk kelas percepatan /kelas ekselerasi yaitu di SMA negeri 1 Semarang, hal ini bisa dicapai tidak luput dari program sekolah yang berani mengambil keputusan menerapkan kelas kecil dimana dalam satu kelas hanya diisi kurang dari 20 orang dan maximal hanya diisi 25 orang saja, yang sungguh luar biasa hasil akhir atau outputnya dari kelulusan maupun nilai NEM nya sangat bagus dan bisa bersaing dengan lulusan lain.

Usaha Keras

Dari hasil prestasi yang dicapai itu semua, sudah barang tentu dibareng usaha keras sekolah dan para pendidiknya dan juga dengan program lain yang dilaksanakan selama ini, seperti pendampingan siswa/ pembinaan siswa baik secara individual maupun klasikal dengan satu guru menangani maximal 5 orang siswa, dengan tugas utama guru pembimbing atau pendamping siswa adalah mengarahkan ,memberi motivasi belajar, membina akhlak siswa , serta mengatasi keluhan / permasalahan yang dihadapi siswa baik di lingkungan keluarganya maupun lingkungan sekolah tempat belajarnya. Inilah salah satu gambaran singkat tentang prestasi yang selama ini telah diraih oleh siswa baik di tingkat SMP IT Roudlotus saidiyyah maupun untuk unit yang lainnya dilingkungan Roudlotus saidiyyah sendiri yang barang kali belum banyak terdengar dan diketahui secara menyeluruh oleh masyarakat secara umum.

Unit-unit Pendidikan Formal

Pada perkembangan berikutnya alhamdulillah berturut turut berdirilah unit unit pendidikan formal baru dilingkungan Ponpes Roudlotus Saidiyyah seperti RA ( PUD ), MI ( SD IT ), SMK IT dengan program unggulannya untuk SMK IT ini yaitu jurusan TKJ ( Tehnik Komputer Jaringan ) dan jurusan PS ( Perbankkan Syariah ) yang saat ini siswanya pun tidak hanya dari dalam kota Semarang saja tetapi berasal dari berbagai wilayah Jawa Tengah dan bahkan datang dari pulau pulau lain di Indonesia mereka datang menimba ilmu di SMK IT Ponpes Roudlotus Saidiyyah ini sambil mondok memperdalam ilmu agama islam. Segudang prestasi yang diukir oleh siswa SMK IT ini dan segudang fasilitas KBM yang tersedia sebagai mana unit yang lain dilingkungan Roudlotus Saidiyyah.

Moto dan visi misi

Moto dan visi misi lulusan SMK IT Roudlotus Saidiyyah Semarang juga sangat luar biasa, betapa tidak semua siswanya menyatakan siap berkompetitif bersaing dengan lulusan lain, dan disamping itu juga semua siswa, guru dan karyawan yang mengabdikan dirinya dilembaga ini dengan tulus mereka menyumbangkan menyumbangkan ilmun dan tenaganya kepada siswa sebagai wujut amaliah yang selama ini di inginkan setiap insan yang beriman, Karena itulah seluruh siswa dari dua program yang ada baik TKJ maupun PS lulusannya siap pula memasuki dunia kerja bagi yang menginginkan kerja, dan juga siap untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi bagi yang ingin memperdalam ilmunya, sebagaimana harapan orang tua mereka masing masing kemana setelah lulus SMK IT ini, yang jelas sekolah telah memberikan bekal ilmu dunia dan juga bekal ilmu akherat yang seimbang.

Salah satu usaha kongkrit sekolah dan upaya semua tenaga pendidiknya dibawah koordinator kepala sekolah yang lulusan Pesantren itu, semua siswa yang dimulai dari klas XI dibekali ilmu nyata untuk mengamalkan teori yang didapat dikelas yaitu praktek lapangan dengan magang selama 3 s/d 4 bulan di dunia industri perakitan komputer dan dudunia perbankkan maupun lembaga lain yang relevan, disesuaikan dengan jurusan yang ada seperti untuk PS ( Perbankkan Syariah ) magang di Bank Muamalat, Bank Mandiri Syariah, BPR Syariah dan lembaga lain yang relevan dengan jurusan PS terserbut, sedangkan untuk jurusan TKJ ( Teknik Komputer Jaringan ) di magangkan di industri perakitan Komputer atau bengkel bengkel komputer yang ada hubungannya dengan jaringan yang tersebar dikota semarang dan sekitarnya.